Ramadan

Marhaban ya ramadhan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yth, Bapak-Ibu Walimurid
TK/SD/SMP Al-Amanah
Di Tempat

Ramadan

Salam hangat,

Bagaimana kabarnya bapak-ibu sekalian? Semoga Allah Swt senantiasa memberikan kesehatan untuk bapak-ibu sekeluarga.

Tidak terasa, beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan suci Ramadhan. Di bulan yang mulia ini kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Sebagai muslim, pasti kita harus menyambut bulan ini dengan hati yang gembira. Bulan dimana Al-Qur’an diturunkan adalah bulan yang penuh dengan ampunan. Bulan berkah ini adalah waktu dimana kita bisa men-tarbiyah, mendidik diri kita sehingga sampai pada hari kemenangan nanti dalam keadaan suci.

Di masa pandemi Covid-19 ini, semangat untuk menyambut bulan Ramadhan tidak boleh surut. Kita tetap harus meningkatkan keimanan dan memperbanyak ritual ibadah yang bisa dilakukan mesikpun hanya di rumah. Hikmah kondisi ini mungkin, Allah Swt memberikan kesempatan kepada kita untuk dekat dan dapat beribadah bersama di llingkungan keluarga. Sebagai orang tua, kita dapat memantau ibadah putra-putri kita sekaligus menjadi teladan yang baik di rumah.

Jika kita refleksikan momentum Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, kesibukan kita di luar rumah seperti rutinitas bekerja, berbisnis, atau bepergian sering dijadikan alasan sehingga amalan-amalan Ramadhan kita sering terlupa dan ditinggalkan. Sayang sekali jika momentum yang hanya setahun sekali ini dilewatkan.

Menyambut bulan suci Ramadhan ini kami segenap keluarga besar Yayasan Al-Amanah memohon maaf lahir dan bathin atas segala khilaf dan salah. Semoga bapak dan ibu berkenan memberikan maaf. Selain itu insya Allah bulan suci kami mengajak bapak ibu untuk tetap dapat menjalankan amalan bulan Ramadhan dengan istiqomah.

Untuk pendampingan putra-putrinya, Yayasan Al-Amanah akan memberikan program Ramadhan yang dapat dijalankan di rumah. Program ini diharapkan dapat menjadi panduan dan membantu bapak-ibu dalam memandu putra-putrinya melaksanakan amaliah Ramadhan untuk mencapai derajat ketakwaan. Program Ramadhan ini berupa rutinitas harian yang dirancang guru dan dapat dijalankan mulai dari tanggal 1 Ramadhan hingga 29 hari berikutnya.

Yayasan Al-Amanah sengaja membuat program full satu bulan. Ramadhan adalah bulan tarbiyah dimana seharusnya setelah melewati bulan ini kita terlahir kembali menjadi pribadi yang meningkat ketakwaannya. Oleh karena itu program ini fokus pada pembangunan rutin dan ritual aktivitas sehari-hari tanpa harus terbebani dengan tugas mata pelajaran maupun proyek. Program Ramadhan ini dilakukan mulai bangun sahur hingga tidur kembali. Putra-putri bapak ibu dapat mengisinya dengan rangkaian ibadah seperti tadarus, tahfidz (menghafal Qur’an), shalat wajib dan sunnah, hingga kegiatan membantu orang tua. Keteraturan yang dibangun melalui rutin dan ritual bermutu ini diharapkan dapat membantu anak menjadi pribadi yang mampu hidup dalam keteraturan pula. Terlebih keteraturan dalam menjalankan ibadah.

Untuk teman-teman kecil yang belum mencapai Akil-Baligh jadikan momen Ramadhan ini untuk berlatih puasa semampunya. Orang tua perlu membangun ketauhidan anak-anak bahwa berpuasa adalah perintah Allah Swt dan memiliki banyak hikmah serta manfaat. Ibadah harus dapat dijalankan dengan perasaan yang gembira tanpa paksaan, apalagi iming-iming hadiah atau upah.

Insya Allah semua program akan mendapatkan pendampingan dan monitoring oleh guru melalui grup-grup Whatsapp maupun sarana belajar lainnya. Jika mengalami kesulitan dalam pendampingan langsung di rumah, orang tua dapat bekerjasama dan berkonsultasi dengan guru.

Kami juga mengajak seluruh keluarga besar Al-Amanah untuk tetap bisa berbagi meski di masa pandemi. Zakat Fitrah dapat disalurkan melalui rekening panitia yang ditunjuk. Selain itu, kami juga mengajak bapak-ibu untuk membantu tetangga di sekitar sekolah dengan menyisihkan hartanya melalui infaq dan shadaqah yang Insya Allah dalam rangka meringankan kebutuhan sehari-hari mereka di masa pandemi ini.

Akhir kata, semoga kita dapat memanfaatkan waktu ini untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah Ramadhan kita. Fokus menjalankan ibadah puasa diiringi dengan amalan-amalan baik insya Allah akan menghindarkan kita dari perbuatan dan hal-hal yang merusak pahala puasa.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tangerang 22 April 2020 Atas nama Yayasan Al-Amanah,

Saidurrohman,S.Kom.,M.Pd.
Manager Pendidikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *