IHT PJJ di Era Digital untuk Penguatan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran yang Bermakna

Pembelajaran Jarak Jauh masih akan terus berjalan sesuai arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diperkirakan dengan adanya pandemi Covid-19, sekolah akan dibuka secara luas di awal tahun 2021 nanti.

Dalam rangka penguatan keterampilan guru dalam membelajarkan peserta didik secara jarak jauh SMPS Al-Amanah Cikupa mengadakan In House Training (IHT) dengan tema Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jarak Jauh di Era Digital. Kegiatan IHT yang dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa Covid-19 ini menghadirkan Pengawas Pembina Gugus 03 Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Ibu Dra. RR Sri Murni Hartati,M.Pd.

Setelah dibuka oleh Kepala SMP Al-Amanah Cikupa Tangerang, bapak Saidurrohman, S.Kom.,M.Pd, Ibu pengawas yang akrab disapa dengan Ibu Roro memulai kegiatan IHT dengan sebuah pertanyaan pembuka yang mampu menbangkitkan motivasi para guru sebagai pendidik tidak hanya sekedar pengajar.

“Mendidik adalah membentuk manusia yang belum dewasa menjadi dewasa,” begitu jelas Bu Roro. Ini sejalan dengan program pendidikan di Sekolah Al-Amanah dimana pendidikan diarahkan untuk membangun anak agar menjadi dewasa yang understanding dan adaptable. Selanjutnya Bu Roro melakukan flashback kembali untuk para guru agar mampu mengingat lagi apa perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum KTSP.

Di kegiatan inti, Bu Roro menjelaskan tentang berbagai pilihan teknis Belajar dari Rumah (BDR) yang terdiri dari daring, luring, dan kombinasi. Selain itu beliau juga memberikan arahan terkait bagaimana peran kepala sekolah, guru, sampai orang tua dalam menyukseskan program belajar dari rumah.

“Sekolah harus memiliki kesepakatan yang jelas terutama berkaitan dengan pola komunikasi antara sekolah dan rumah,” pesan beliau di penghujung materi pembuka.

Setelah penyampaian materi, Bu Roro mengajak para guru untuk merancang Rencana Program Pembelajaran (RPP) 1 lembar yang lebih akrab disebut lesson plan oleh guru-guru Sekolah Al-Amanah.

“Alhamdulillah, para guru mendapatkan banyak pencerahan tentang sumber-sumber pembuatan RPP dari apa yang Bu Roro sampaikan,” jelas Pak Said Kepala SMP Al-Amanah.

Kegiatan IHT ini diharapkan dapat terus berlanjut. Dan pastinya kegiatan yang melibatkan lebih dari 25 orang guru dari unit TK, SD, dan SMP ini sangat bermanfaat bagi seluruh guru dan pegawai di Sekolah Al-Amanah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *